UA-72643545-1

Photo

Wednesday 21 August 2013

Memotret Buah Jatuh Ke Air

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada pembaca yang sudah meluangkan waktunya untuk mampir ke blog saya ini. Dan ternyata posting yang berjudul "Memotret Air Tumpah" paling banyak dikunjungi oleh pembaca. Semoga bermanfaat dan bisa pembaca terapkan dalam memperkaya kreasi fotografi anda. Dan untuk kali ini, saya masih mencoba "bermain" dengan air. Foto-foto berikut saya coba,terinspirasi dari beberapa karya teman-teman di Majalah Chip Foto Video edisi Juli.

Inti dari tulisan ini sebenarnya adalah memotret dengan memanfaatkan cahaya tambahan. Dalam foto-foto ini saya menggunakan satu lampu slave master kapasitas 100w. Dan saya gunakan trigger tanpa trippod di kamera. Dan saya buat dengan kondisi sesimpel mungkin, simpel dengan kondisi ruangan (tempat memotret), simpel dengan subyek yang di foto, simpel dengan cahaya.


Persiapan Memotret


Persiapan :


1. Mangkok , dengan warna mangkok sesuai selera anda atau berdasarkan warna buah yang akan di jatuhkan nanti.
2. Air bewarna putih (bukan bening) dari tepung yang dilarutkan ke air, bahan detergen, atau jika anda ingin, belilah beberapa susu kotak
3. Buah bewarna. Dalam contoh foto, menggunakan strawberry
4. Meja kecil yang dilapisi plastik agar ciprtan air tidak kemana2
5. Lampu. Bisa flash external, slave master, lampu studio bahkan lampu belajar pun bisa digunakan.
6. Kamera dengan lensa wide.





Setelah persiapan sudah dipenuhi. Dengan mengajak satu orang yang nantinya bertugas menjatuhkan buah, mulailah anda memotret. Usahakan angle memotret dari atas, jika ingin mendapatkan efek splash air yang dramatis. Atur titik focus kamera pada satu bidang dengan cara, letakan buah di permukaan air, setelah dapat, kunci dengan menahan shutter atau tekan tombol AE/AF Lock pada kamera.



Jika sudah siap, berikan aba-aba kepada orang yang bertugas menjatuhkan buah tersebut. Lakukan dengan beberapa eksposure. Saya mendapat eksposure yang pas (menurut selera saya) ketika memotret teknik ini dengan 1/125 f;14 ISO 100. Dan menempatkan lampu di sisi sebelah kanan.

Timming

Mungkin menjadi kendala tersendiri ketika merekam jatuhnya buah kedalam air dengan percikan/splash yang dramatis. Tapi percayalah, dengan timming yang pas dan mencoba tanpa kenal lelah, setiap jatuhnya buah kedalam air jika anda tepat memotret moment tersebut akan menghasilkan efek splash yang berbeda-beda. sekali lagi, efek splash tidak akan pernah sama, walau anda menjatuhkan buah tersebut berkali-kali. Selalu saja ada efek menarik bahkan tidak terduga.



Hasil Akhir dari Foto

Foto diatas adalah foto tanpa olah digital. Anda bisa saja memaksimalkan hasil foto anda dengan olah digital, agar terlihat lebih menarik. Permainan warna dengan brightness, contras atau level bisa saja anda tambahkan dalam foto anda. Terserah anda, yang penting hasil akhir dari sebuah foto sudah harus anda pikirkan, akan bagaimana nantinya.







Foto & Teks : Farid S

Baca Juga :

Senandung Tips Memotret (kembali) Buah Dalam Air
Senandung Sisi Lain Cerita Anak Pinggir Pantai
Memotret Makro (Bunga) dengan Lensa Jadul
Memotret Air Tumpah
Senandung Foto Efek Rim Light (Tips Memotret Model )

No comments:

Post a Comment