UA-72643545-1

Photo

Thursday 6 May 2010

Parade Hasil Foto (Bag. Pertama)

Ket Foto : Pemandangan si Selatan Jakarta



Ket Foto : Jalan Thamrin di Malam Hari

Ket Foto : Anjungan di P. Rambut


Ket Foto : Parade Model

Ket Foto : Saat Anggun , Tony Braxton, Jason M'raz manggung di Jakarta




Jika ada yang bertanya, sebenarnya lebih fokus kemana fotografi saya. Pertanyaan yang sulit saya jawab. Dulu waktu masa pembelajaran, saya memotret apa saja yang saya suka. Wanita, Potrait, Landscape, Satwa, Still Life, bahkan Wedding dan dokumentasi acara. Saya pelajari semua. Sulit untuk memilih. Sementara hingga sampai saat ini saya pun masih memotret apa saja karena sesuai dengan tugas sebagai seorang Jurnalis Foto. Sepertinya saya dituntut untuk bisa motret apa saja. Apalagi sewaktu saya bergabung di Majalah Audio Pro dan Audio Video, antara foto Potrait, Panggung dan Produk seolah menjadi keseharian memotret saya. Ada penambahan 'jabatan' saat itu, Fotografer Panggung dan Fotografer Musisi. Nama-nama musisi dalam dan luar negeri seperti Ahmad Dhani, Fariz RM, Gilang Ramadhan, Andy Ayunir, Wong Aksan, Yovie Widianto, Jhon Myung (Dream Theater), Paul Gillbert (Mr. Big), Rick Wackman dan beberapa musisi lain, adalah nama yang pernah saya potret untuk pemotretan cover majalah. Bahkan foto keluarga nya Mas Fariz RM yang notabene adalah hasil foto saya, dijadikan insert cover di Album nya Dekade Fariz RM (sesuatu yang bisa membuat saya banggakan, hingga sekarang). Dan pengalaman yang tak pernah terlupa, ketika harus memotret Ahmad Dhani, saat itu konsep awal adalah Mas Dhani sebagai seorang pemain keyboard (sesuai dengan alat musik yang dipegangnya di Dewa), namun tak sangka, saat pemotretan akan berlangsung, saya utarakan konsep saya, Mas Dhani menolak dan mengatakan bahwa dirinya di Dewa adalah Produser. Waaah....pikiran serasa blank, namun saya usahakan secepat mungkin mendapat ide untuk memenuhi keinginannya. Akhirnya pemotretan berlangsung lancar. Dan dari sanalah saya sedikitnya mengetahui pemikiran dan gagasan2 seorang Ahmad Dhani.


Foto Panggung

Menjalani profesi fotografer yang dituntut bisa memotret apa saja, tidaklah membuat saya harus meratapi nasib. Tapi justru disitulah saya mempelajari banyak hal baik itu fotografi dan diluar fotografi. Foto Panggung adalah salah satunya, saya lupa group atau acara musik apa yang pertama kali saya potret. Saat ditahun 2000, Group Musik seperti Slank, Jamrud, Dewa, Padi, Sheila on 7, Gigi, The Fly, Naif, /Rif adalah group band papan atas saat itu, dan saya bersyukur sempat memotret konser mereka. Yang saya ingat dan paling berkesan adalah saat memotret group Scorpion sewaktu manggung di Bandung, lalu Group Vokal Westlife yang manggung di Jakarta. Dan di Foto Panggung ini saya mendapatkan banyak pelajaran, bagaimana beratnya perjuangan seorang fans yang menonton penyanyi pujaannya. Tergencet, terinjak, bahkan terjatuh dan pingsan adalah hal biasa yang sering saya saksikan bila berada di dekat penggung. Dan pengalaman yang paling menggelikan adalah ketika saya memotret konser /Rif, berbekal kamera analog Nikon FM2 dan satu-satunya fotografer yang bisa naik panggung (yang lainnya dibawah) bahkan Maggi sang drummer group band tersebut hanya berjarak 3m dari posisi saya. Bebas sebebasnya saya mengambil moment yang ada. Setelah merasa cukup, saya turun dari panggung, dan langsung menuju redaksi. Sampai di redaksi, badan seketika lemas, karena begitu mengeluarkan kamera dan ingin menggulung film (masih pakai film negatif), ternyata gulungan berputar ringan ! Ya Tuhan.......ternyata film yang saya gunakan tadi tidak tergulung. Dan shutter yang saya tekan dari tadi saat dipanggung adalah shutter kosong alias film tidak nyangkut ! Pasrah, merasa diri paling bodoh, lucu, bercampur jadi satu.



Nah foto-foto yang saya tampilkan mungkin tak ada hubungannya dengan cerita diatas. Tapi setidaknya, foto-foto inilah bisa menggambarkan perjalanan panjang saya dalam memotret dan harus bisa memotret apa saja.


Baca Juga :


Senandung Memotret Dengan Kecepatan Rendah
Memotret Tetes Air dengan lensa kits
Memotret Buah Jatuh Ke Air
Senandung Memotret Wayang Orang (Tips dan Trik)
Senandung Memotret Ekspresi Anak
Memotret Ekspresi di Panggung Musik
Senandung Foto Efek Rim Light (Tips Memotret Model )

No comments:

Post a Comment