UA-72643545-1

Photo

Monday 5 January 2015

Senandung FOTO SUNSET ( Indahnya Jakarta )

Selamat Taun Baru 2015...Semoga di tahun baru ini, apa yang pembaca dan pengunjung setia blog ini inginkan bisa tercapai. Sejujurnya sudah lama sekali saya tidak menulis dalam blog ini. Bukan karena sibuk atau sudah tidak ada bahan untuk ditulis. Tapi selama kurun waktu tahun 2014, begitu banyak kejadian yang "harus" saya lalui. Kejadian yang menguras tenaga dan pikiran (karena berhubungan dengan suasana hati)...lho..kok jadi curhat. Entah ini suatu janji atau bukan, Insya Allah saya akan mulai aktif kembali menulis di blog ini dengan berbagai tips dan trik dalam memotret. Dan saya awali blog di tahun 2015 ini dengan keindahan Jakarta dalam suasana sunset. Sunset buat saya mempunyai arti tersendiri. Berbagai warna dalam sunset kadang muncul tak terduga. Ada jingga, lembayung, ungu, kuning hangat, merah dan sebagainya. Memotret sunset sebenarnya juga mudah. Yang susah itu mungkin NIAT memotret. Saya pribadi, selalu membawa kamera dalam tas saya sehari-hari setiap berangkat kerja. Entah dipakai entah tidak (tapi lebih banyak dipakai), saya selalu menyiapkan kamera saya. Mungkin itu tips pertama. Jakarta selalu dikenal dengan kota yang padat, kesemerawutan, macet, deru kendaraan dan hal lainnnya yang bahkan bisa membuat stress sendiri. Namun Jakarta juga mempunyai banyak hal yang indah. Salah satunya adalah foto sunset. Dalam foto ini saya memotret di beberapa lokasi di sekitar wilayah Jakarta.


Jembatan Flyover Kampung Melayu


Mungkin pembaca sering lewat jembatan flyover Kampung Melayu ? Memang ini termasuk jalur padat, tapi jika sore, arah dari Cipinang ke Mal Ambasador terhitung lengang. Menyaksikan turunnya matahari disini juga menjadi keasyikan tersendiri sembari merekamnya dalam foto. 

Jembatan Fly Over Kampung Melayu

Foto sunset memang selalu menarik diambil dalam berbagai arah, biasanya sinar matahari dengan langit menjulang yang dipenuhi awan menjadi point of interest.. Namun, memotret sunset dengan posisi agak sedikit turun dari jembatan, dengan menjadikan kendaraan yang melintas bisa menjadi foreground menarik.Belum lagi gedung-gedung yang "mengapit" matahari, tentu menjadikan foto menjadi kuat dalam bercerita.

 Sekitar Jalan Matraman


Jalan Matraman pun juga mempunyai nuansa tersendiri bila ingin memotret sunset. Arah pandang kearah pusat kota yang berisi gedung-gedung megah, bisa menjadi moment foto yang indah. 

 Sekitar Jalan Matraman



 Flyover Karet Jakarta Pusat

Di wilayah flyover Karet arah Tanah Abang, pemandangan sunset juga tak kalah menakjubkan. Dan lebih hebatnya lagi, memotret Sunrise diatas flyover ini juga tak kalah bagusnya. Banyak "ruang" kosong dengan nuansa lebih hangat ketika memotret sunrise


Flyover Jatibaru

Dan flyover Jatibaru juga bisa menjadi spot pilihan dalam memotret sunset di Jakarta. Arah pandang yang dijadikan background pun bisa beragam. Bisa ke arah barat (Gedung Mal Taman Anggrek) atau gedung-gedung yang berada di Jalan S.Parman. Namun dalam memotret diwilayah ini ada beberapa kendala, yaitu melintangnya kabel tiang sutet. Tapi bukan masalah besar, justru kabel-kabel ini bisa menjadi foreground tersendiri dalam foto.

Dan berikut beberapa tips dalam memotret sunset di wilayah Jakarta :
1. Pastikan cuaca cerah
2. Siapkan kamera
3. Atur jadwal tersendiri ( jam 16.30 WIB kalo bisa sudah dilokasi)
4. membawa Tripod sangat disarankan, karena memotret kondisi "Blue Hour" ketika senja benar-benar redup, bisa juga dilakukan.
5. Pastikan keamanan dan keselamatan anda ketika memotret. Jangan terlalu asyik dengan suasana, yang justru bisa melupakan keamanan dan keselamatan
6. Jangan pernah menenteng kamera dengan posisi di tangan yang searah jalur kendaraan ( karena jika anda lengah, bisa-bisa kamera anda bisa disambar orang)
7. Mengenai teknis memotret, gunakan eksposure yang menurut anda baik.
8. Selamat mencoba


Foto & Teks : Farid S

Baca Juga :





No comments:

Post a Comment